Berita

Pendidikan Penilaian Lanjutan (PPL) Hotel

 

PENDAHULUAN

Peran profesi Penilai dalam kegiatan perekonomian semakin mendapatkan tempat yang penting, seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara kita. Hampir semua lini kegiatan ekonomi utama yang mendukung jalannya kegiatan perekonomian membutuhkan peran profesional profesi Penilai. Salah satu industri yang akhir-akhir ini tengah menjadi the next rising star dalam kegiatan ekonomi adalah sektor pariwisata.


Sebagai sebuah negara yang memiliki potensi wisata yang melimpah, baik wisata alam, budaya maupun religi, industri pariwisata diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian negara kita di masa mendatang. Berbagai sektor pendukung industri pariwisata tentu memiliki peran yang krusial dalam mendukung tercapainya tujuan tersebut. Salah satu sektor pendukung industri pariwisata adalah sektor perhotelan. Hotel sebagai salah satu komponen penting dalam industri pariwisata memiliki posisi yang strategis dalam industri pariwisata secara keseluruhan. Peran yang strategis ini pada sisi lain juga memiliki tantangan dalam penyelenggaran usaha perhotelan.


Sebagaimana kita ketahui bersama, usaha di bidang perhotelan melibatkan sejumlah permodalan yang cukup signifikan (besar). Sangat jarang sekali usaha bidang perhotelan didirikan tanpa melibatkan struktur permodalan campuran (modal sendiri dan modal eksternal), oleh karena itu penting sekali bagi pihak-pihak yang terkait dalam usaha ini untuk dapat memahami nilai ekonomis dari usaha bidang perhotelan. Peran profesi Penilai dalam mendukung sektor usaha perhotelan sangat krusial, sebagai contoh: untuk tujuan Penjaminan Utang, Penilai sangat berperan dalam menentukan Nilai Pasar sebuah hotel yang menjadi jaminan fasilitas kredit di bank. Untuk tujuan pelaporan keuangan, Penilai akan sangat dibutuhkan keberadaannya dalam menentukan Nilai Wajar hotel untuk disajikan dalam laporan keuangan.


Berpijak dari latar belakang pemikiran diatas, maka kiranya perlu bagi profesi Penilai untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya dalam proses penilaian hotel. Kegiatan knowledge improvement ini kami ajukan dalam bentuk/ format Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) selama 2 (dua) hari yang akan memberikan pengetahuan teknis, pemahaman dan keterampilan bagi para peserta, untuk dapat melakukan penilaian hotel sesuai dengan SPI dan best practice yang ada.

 

TUJUAN KEGIATAN
Sebagaimana telah diutarakan dalam pendahuluan sebelumnya, tujuan utama diselenggarakannya kegiatan PPL Penilaian Hotel ini adalah:

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis bagi Penilai, untuk dapat melakukan kegiatan inspeksi hotel dalam rangka penilaian hotel.
  2. Memberikan keterampilan dan pemahaman teknis bagi Penilai dalam melakukan proses penilaian hotel.
  3. Memberikan keterampilan bagi Penilai dalam menyusun laporan penilaian hotel.

 

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Waktu dan tempat kegiatan PPL Penilaian Hotel ini akan diselenggarakan di:

Hari / Tanggal   : 
Sabtu & Minggu, 7-8 Oktober 2017 
Waktu
 : Pukul 08.00 WIB – Selesai 
Tempat
 : Hotel Grand Edge
    Jl. Sultan Agung No. 96, Semarang, Jawa Tengah.
CPD yang diusulkan
 : 15 CPD Poin
Biaya
 : Rp 2.000.000,-
Terakhir Pendaftaran
 : 3 Oktober 2017 
Contact Person
 : Likha (0822-2401-2637)
    Sekretariat Mappi Jateng (024) 8456322
Syarat Pendaftaran
 : Anggota MAPPI P, T & S
Cara Pembayaran
 : Transfer
    Bank BCA Pemuda
    A.C : 009.126.8433
    A.N : MAPPI JATENG

Download Brosur Pendidikan Penilaian Lanjutan (PPL) Hotel