Berita

PENGESAHAN SPI DAN KEPI 2013

 

Puji dan Syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME bahwaKode Etik Penilai Indonesia dan Standar Penilaian Indonesia 2013telah dapat diselesaikan  dan ditetapkan. KEPI dan SPI ini merujuk kepada International Valuation Standards 2011 yang dikeluarkan oleh International Valuation Standards Council pada juli 2011, serta menggunakan referensi dari standar-standar penilaian lainnya di dunia, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi penilaian di Indonesia. KEPI dan SPI ini adalah edisi ke 5 dan merupakan bagian dari penyempurnaan berkelanjutan dari SPI terdahulu, yang selanjutnya disebut sebagai KEPI dan SPI 2013.

Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak, terutama kepada Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI sebagai instansi pembina profesi Penilai yang telah sangat membantu dalam penyelesaian KEPI dan SPI 2013 ini serta proses sosialisasinya. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu memberikan saran dan masukan dalam penyempurnaan KEPI dan SPI ini.

Telah dilakukan Penandatangan Pengesahan SPI dan KEPI 2013

Pada acara : Pendidikan Profesi Lanjutan (PPL) Penilai Publik
                     yang diselenggarakan oleh PPAJP

Tanggal      : Kamis, 25 April 2013

Waktu        : Pukul 08.00 WIB s.d. selesai

Tempat      : Bidakara Hotel
   Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 71-73
   Jakarta 12870                   

Ditandatangani Oleh :

1.    Ir. Rengganis Kartomo, Msc, MAPPI (Cert)          Ketua KPSPI         

2.    Ir. Hamid Yusuf, MAPPI (Cert)                           Ketua Umum MAPPI

3.    Langgeng Subur, Ak, MBA                                Kepala Pusat PPAJP

                                                           
KEPI dan SPI memiliki peran penting bagi pelaku penilaian (para Penilai), maupun pengguna jasa, pemerintah, lembaga-lembaga terkait lainnya serta seluruh stakeholders. KEPI merupakan landasan moral sedangkan SPI merupakan panduan praktek penilaian bagi penilai di Indonesia, serta dari sisi pengguna jasa menjadi acuan dalam memahami dan memanfaatkan hasil penilaian. Sementara itu, dari sisi Pemerintah maupun lembaga terkait lainnya, KEPI dan SPI ini dapat menjadi acuan dalam melaksanakan pengawasan dan pengembangan profesi Penilai di Indonesia.
KEPI dan SPI 2013 dibuat dengan mengikuti sistematika Internatioanl Valuation Standardsdimana KEPI merupakan bagian yang terpisah dari SPI, namun dicetak dalam satu kesatuan.
 
SPI 2013 disusun lebih dengan azas ‘principle base’, serta dengan landasan cakupan (platform) yang meliputi penilaian aset properti dan bisnis. Di dalam SPI ini digunakan terminologi ‘aset atau kewajiban’ menggantikan properti, dimana kedua istilah tersebut di SPI ini memiliki pengertian yang sama dan meliputi Real Properti, Personal Properti, Badan Usaha dan Hak Kepemilikan Finansial.
Pada KEPI dan SPI 2013 ini sudah dilakukan perubahan dan penambahan standar baru untuk bagian KEPI, KPUP, Standar Umum, dan sebagian Standar Teknis. Sedangkan pada bagian Standar Penerapan dan sebagian Standar Teknis masih menggunakan SPI 2007 (lihat lampiran Tabel 1 pada Pendahuluan).

KEPI dan SPI 2013 terdiri dari :

·      Kode Etik Penilaian Indonesia (KEPI)

·      Pendahuluan

·      Konsep & Prinsip Umum Penilaian (KPUP)

·      Standar Umum

·      Standar Penerapan

·      Standar Teknis

Penyempurnaan KEPI dan SPI 2013 merupakn suatu kegiatan yang bersifat terus menerus untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan profesi Penilaian dan sektor keuangan/dunia bisnis secara keseluruhan.

Dengan diberlakukannya KEPI dan SPI 2013, diharapkan bahwa Penilai akan memiliki profesionalisme yang lebih tinggi dan dapat memiliki kesetaraan dengan Penilai di negara lainnya  yang lebih maju sehingga memiliki daya saing tinggi di dunia Internasional. Semoga Penilai Indonesia akan terus berkembang maju dan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan (Sustainable development) menuju Indonesia makmur dan sejahtera.

 

Jakarta, 25 April 2013

 

Salam Sejahtera Masyarakat Profesi Penilai Indonesia