Berita

KEMENTERIAN ATR/BPN BERSINERGI DENGAN MAPPI UNTUK PEMBAHARUAN PETA ZNT

 

Kementerian ATR/BPN Bersinergi Dengan MAPPI Untuk Pembaharuan Peta ZNT

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan bersinergi dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) untuk pembaharuan (updating) Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) sehingga informasi yang disajikan dalam Peta ZNT dapat lebih akurat.

 

Hal tersebut di sampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan, saat memberikan keterangan pers di Ruang Media Centre Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Senin (5/5). Ikut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum MAPPI Ir. Hamid Yusuf, Sekretaris Jenderal MAPPI Ir. Budi Prasodjo, M.Ec.Dev, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MAPPI Dewi Sri Umi, S.E., MBA serta Kepala Pusat Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Kurnia Toha, S.H., LL.M, Ph.D.

 

Lebih jauh Ferry mengatakan bahwa keberadaan MAPPI sangat dibutuhkan, tidak saja dalam rangka pelaksanaan pengadaan tanah tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas Peta ZNT yang dimiliki oleh Kementerian ATR/BPN.

 

Jika Peta ZNT sudah lengkap dan akurat maka Kementerian ATR/BPN dapat memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan, terutama untuk mengendalikan harga tanah. “Sinergi antara Kementerian ATR/BPN dengan MAPPI merupakan bentuk dari kehadiran negara di bidang pertanahan. MAPPI dapat menjadi mitra dari Kementerian ATR/BPN dalam pengendalian harga tanah,” ujarnya.

 

Di samping itu, sinergi antara MAPPI dan Kementerian ATR/BPN juga dapat meningkatkan  kualitas pelayanan informasi pertanahan kepada masyarakat. Dengan Peta ZNT yang selalu up to date, masyarakat tidak hanya dapat meminta informasi tentang satatus tanahnya, tetapi juga dapat meminta informasi tentang nilai atau harga tanah yang dimilikinya secara akurat, jelas Ferry.